Menu

Thursday, December 3, 2015

Materi Seni Budaya


Pengertiansenirupa 2 dimensi
Seni rupa 2 dimensi adalah senirupa yang hanya memiliki panjang dan lebar saja. Seni rupa2 dimensi ini juga hanya bisa dilihat dari satu sudut pandang saja.

Unsurobjeksenirupa 2 dimensi
·        Titik
Titik adalah sebuah unsur seni rupa yang paling sederhana. Sebuah lukisan atau gambar dimulai dari sebuah unsur, yaitutitik.

·        Garis
Garisa dalah unsur yang berasal dari pertemuan beberapa titik. Garis ini dibagi menjadi dua, yaitu:

      Ø  GarisAlamiah

Garis alamiah adalah garis yang sudah ada atau garis cakrawala alam yang bisa dilihat sebagai batas antara langit dengan permukaan laut.

      Ø  GarisBuatan

Garis buatan adalah garis yang sengaja dibuat atau tidak sengaja dibuat. Garis yang sengaja dibuat ini seperti garis hitam pada gambar ilustrasi. Sedangkan, garis yang tidak sengaja dibuat adalah garis yang muncul karena dihasilkan dari dua bidang dengan warna tekstur yang berbeda.

Medium, bahan
Bahan berkarya seni rupa adalah material habis pakai yang digunakan untuk mewujudkan karya seni rupa itu. Sesuai dengan keragaman jenis karya seni rupa,

      bahan untuk berkarya seni rupa ini juga banyak macam dan ragamnya, ada yang berfungsi sebagai bahan utama (medium) dan ada pula sebagai bahan penunjang. Sebagai contoh, pada biasanya perupa membuat karya lukisan menggunakan kanvas dan cat sebagai bahan utamanya serta kayu dan paku sebagai bahan penunjang.

Nilai estetis
Nilai yg menggambarkan adanya unsur keindahan dalam sebuah karya seni rupa..

Pengertiansenirupa 3 dimensi

Seni rupa 3 dimensi adalah seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi.Senirupa 3 dimensi ini juga memiliki volume dan menempati ruang.

 Symbol senirupa 3 dimensi
Simbol merupakan lambang yang mengandung makna atau arti.Secara konseptual, kata simbol ini memiliki beberapa pengertian sebagai berikut.
    Sesuatu yang biasanya merupakan tanda yang kelihatan yang menggantikan gagasan atau objek tertentu.
    Kata; tanda, isyarat, yang digunakan untuk mewakili sesuatu yang lain: arti, kualitas, abstraksi, gagasan, objek.
    Apa saja yang diberikan arti dengan persetujuan umum dan / atau dengan kesepakatan atau kebiasaan. Misalnya, lampu lalu lintas.
    Tandak onvensional, yakni sesuatu yang dibangun oleh masyarakat atau individu-individu dengan arti tertentu yang kurang lebih standar yang disepakati atau dipakai anggota masyarakat itu. Arti simbol dalam konteks ini sering dilawankan dengan tanda alamiah.

Seni rupa murni terapan

   Øseni rupa murni adalah seni yang tidak terlalu mempertimbangkan nilai fungsinya tetapi hanya untukdinikmati nilai estetikanya. Sehingga jika sudah selesai dibuat, biasanya dipakai untuk dijadikan pajangan atau hiasan.

   Ø  Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena mengandung   nilai fungsi tertentu di samping nilai seni yang dimilikinya. Seni rupa terapan biasanya tidak dijadikan pajangan atau hiasan rumah, tetapi lebih dijadikan sebagai alat-alat untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup.

Pengertianseni music

Seni musik adalah salah satu cabang seni yang menggunakan olah vokal, melodi, harmoni, ritme, dan tempo sebagai sarana mengekspresikan perasaan atau emos ipenciptanya.seni musik saat ini telah menjadi salah satu sarana hiburan terpopuler seiring dengan perkembangan teknologi saat ini.

 Music sebagai symbol
Simbol-simbol itu tampak pada karakter bunyi yang dihasilkan oleh instrumen-instrumen itu (musikal), termasuk vokal / suara manusia. Secara musikal, simbol-simbol musik dapat tampak pada elemen-elemen di dalamnya, seperti:

(1) tinggi-rendahnya nada,

 (2) ritme,

(3) dinamika, atau

(4) tempo.

 Fungsi music

 Fungsimusikantara lain sebagaiberikut :

    Media Hiburan
    Media Pengobatan (Therapy)
    Media Peningkatankecerdasan (Intelegensi)
    SuasanaUpacaraKeagamaan
    PengiringTari

(Penulis : Riza ilhamsyah)

Share This

Previous Post
Next Post
Virtual Machine

Written by

Related Posts

0 comments: